Jual Produk Lewat Toko Online Terintegrasi Whatsapp

Sejak adanya wabah Covid-19, banyak toko atau tempat usaha yang harus tutup.Baik tutup karena toko sepi namun uang sewa harus terus dibayar dan gaji karyawan tetap lanjut.Ataupun tutup karena tuntutan aturan pemerintah dalam penanganan wabah covid-19.

Dalam kondisi sulit ini, ternyata ada sebuah fenomena baru dalam proses transaksi jual beli.Banyak usaha yang mulai memasarkan produknya secara online, bahkan yang sebelumnya tidak pernah merasakan bagaimana nikmatnya pasar online.

Salah satu cara yang digunakan dan yang paling mudah adalah melalui Whatsapp.
Karena kita semua tentu tidak asing lagi dengan aplikasi Whatsapp.
Hampir semua orang boleh adalah pengguna whatsapp.Memiliki Handphone artinya juga memiliki whatsapp.

Oleh karena itu, kami dari Wahana Malang Media mempersembahkan sebuah aplikasi berbasis website yang terintegrasi dengan whatsapp.

Sebelum menjelaskan apa saja yang menjadi fitur aplikasi yang saya beri nama bayupedia, yuk kita lihat dulu bagaimana proses transaksi jual beli secara online via whatsapp terjadi melalui aplikasi bayupedia ini.

Proses transaksi yang simpel dan mudah, apalagi untuk usaha yang target pasar adalah pasar lokal seperti restaurant, kafe, minimarket, supermarket, toko peracangan, fotocopy, percetakan,dll.
Tidak diperlukan pendaftaran member, proses pembayaran yang banyak opsi, pengiriman melalui jasa kurir, dll.Komunikasi 2 arah antara penjual dan pembeli bisa langsung terjadi tanpa membutuhkan proses yang berbelit layaknya toko online atau merketplace.

Order via whatsapp layaknya berkomunikasi dengan kawan.
Bagi yang sudah pernah bermain whatsapp untuk melayani order, yang dilakukan biasanya adalah memberikan informasi tentang keberadaan stock produk, lalu menawarkan siapa yang mau pesan.

Dan bagi yang berminat atau membutuhkan produk kita, proses transaksi akan berlanjut ke metode pembayaran yang disepakati.Ada yang meminta transfer ke rekening tertentu, ada yang bisa melalui Ovo, ada pula yang COD atau dibayar tunai ketika barang tiba di lokasi pembeli.

Tidak ada proses pemesanan ala whatsapp yang kami rubah di aplikasi bayupedia.Kami hanya menambahkan fitur untuk membuat proses transaksi menjadi jauh lebih mudah.
Dengan proses transaksi dibuat menjadi lebih mudah, ada banyak keuntungan yang diperoleh :

  1. Jangkauan pasar jauh lebih luas
  2. Bisa menjual kepada siapa saja dan tidak harus kenalan
  3. Tidak perlu membentuk group WA dulu
  4. Tidak perlu mengganggu group WA orang lain
  5. Pembeli tidak perlu menyimpan nomor kita untuk bisa mengirimkan Whatsapp.

Dengan kemudahan ini, peluang untuk menjual menjadi semakin besar.

Aplikasi bayupedia membantu calon pembeli untuk memilih roduk melalui aplikasi website.Penjual tidak perlu mengirim foto lalu berulang-ulang menulis berapa harganya, bagaimana spesifikasinya, apa saja value produk, kemana harus transfer pembayaran.

Semua sudah diperoleh pembeli ketika Klik Produk kita.
Dan kita sebagai penjual akan langsung menerima notifikasi berupa pesan Whatsapp tentang order pembeli, terutama barang apa yang diorder.

Pembeli juga melihat gambar atau foto produk dari aplikasi website bayupedia sebelum memesan dan tidak perlu meminta kirim foto lagi dan ketik keterangan ini itu.

TAMPILAN APLIKASI WEBSITE BAYUPEDIA

Tampilan halaman depan

Alamat bayusaputerbang.blogspot.com adalah alamat contoh.Nantinya semua alamat Anda akan menggunakan nama_toko.saputerbang.com atau nama_toko.Babebagus.com

Tampilan Setelah Barang yang mau dibeli di-Klik

Setelah memilih produk yang hendak dibeli, pembeli akan diarahkan ke Form isian spt gambar diatas.Lalu Klik logo Whatsapp di ORDER SEKARANG, maka order ini akan langsung masuk dan diterima oleh Anda (nomor Whatsapp Anda)

APAKAH APLIKASI INI GRATIS ?

Aplikasi ini berbayar SANGAT MURAH.Hanya Rp.50.000,- per tahun untuk maksimal 5 produk.Bagi yang ingin menampilkan produknya lebih dari 5, akan ada tambahan Rp.10.000,- per produk per tahun.

Tapi Tenang …. kami menyadari banyak yang belum sepenuhnya tahu bagaimana aplikasi ini akan bisa membantu sebagai alat penjualan.

Pembayaran ini Bukan Dibayar di Awal.Tapi 2 minggu setelah produk pertama Anda ditampilkan di website.
Setelah 2 minggu tampil, kami akan menghubungi Anda melalui Whatsapp untuk menanyakan apakah akan lanjut atau tidak.

Apabila anda tidak lanjut, website anda akan kami hapus dan anda tidak perlu membayar apapun.

Pembayaran hanya bagi mereka yang merasakan manfaat dan merasa perlu untuk melanjutkan penggunaan aplikasi bayupedia di website.

Jadi anda bisa ujicoba dulu selama 2 minggu.

Selain itu, usaha anda akan dipromokan di beberapa media sosial salah satunya adalah instagram kami @yanuar_mesin77 yang memiliki 8K followers.

Bagi yang ingin mencoba manfaat bantuan penjualan dari aplikasi bayupedia, bisa mengirimkan Chat WA melalui tombol dibawah ini :