Alkohol Diatas 90% Jangan Digunakan sebagai Antiseptic (Hand Sanitizer)

alkohol 96%

ALKOHOL 90-96% BUKAN ANTISEPTIK YANG BAIK

Sebagian dari kita mungkin kaget membaca judul tulisan saya kali ini.Saya bisa menebak pertanyaan yang muncul, lohh kenapa ?? padahal kan kandungan alkoholnya tinggi pasti lebih cepat membuat kuman dan bakteri termasuk virus corona KO ??
Malah bukannya KO di ronde-ronde awal ??

Tidak demikian yang terjadi.Seorang kawan yang bekerja di industri farmasi memberikan saya logika yang sangat masuk akal begini : kuman dan bakteri membutuhkan waktu minimal 10 detik baru bisa mati ketika ketemu dengan bahan-bahan seperti alkohol.Nah, kalau 90% keatas kan cepat menguap sesaat sebelum disemprotkan ?? Belum sempat membunuh semua kuman dan bakteri sudah menguap duluan.

Wahh, masuk akal juga.Tapi saya tidak langsung percaya.Saya bertanya pada seorang kawan yang bekerja sebagai tenaga medis.Dan ternyata oh ternyata, dia membenarkan pendapat kawan farmasi saya tadi.

Berarti selama ini saya salah berasumsi bahwa semakin keras kandungan alkoholnya maka kuman dan bakteri akan semakin cepat KO.

Ternyata kuman dan bakteri tidak mau di KO cepat.Dia minta di KO secara lambat dengan waktu minimal 10 detik.

Alkohol 70% karena ada 30% aquades atau air distilasi, maka lebih dari 10 detik akan berdiam di kulit kita sebelum menguap.Saat itulah kuman dan bakteri dihajar KO perlahan tapi pasti.

Lalu bagaimana membuat campuran alkohol 70% ?

Sekali lagi seperti artikel yang lain, saya bukan seorang praktisi medis atau farmasi.Jadi saya berdasarkan informasi yang saya dapat dari beberapa artikel lainnya di online dan bertanya kawan yang sehari-harinya berkecimpung di pabrik farmasi dimana kebetulan salah satu produk kawan saya ini adalah hand sanitizer.

Akhirnya dengan dasar pengetahuan sedikit yang saya peroleh, saya mencampur 729 ml alkohol 96% dengan 271 air demineral.Yang bagus katanya air aquades atau air distilasi.Tetapi air demineral juga bisa.Jangan mencampur alkohol dengan air yang memiliki kandungan mineral karena akan merubah formula.
Setelah dicampur, kocoklah sebentar agar tercampur rata, baru dipindahkan ke botol spray.
Air aquadest bisa dibeli di marketplace seperti tokopedia, shopee, dll.

Semoga bermanfaat !!

Related posts