Rahasia Bermain Instagram – PHOTO + CAPTION + HASHTAG

photo caption hashtag on instagram

Siapa yang hari gini belum punya akun instagram hayoo ?? Mungkin hanya segelintir orang yang mengaku gaptek saja yang akhirnya malas membuka akun instagram.

Mudah dan simpelnya cara membuka akun tentu bukan alasan bagi kita untuk menyetujui alasan ‘orang gaptek’ untuk tidak memiliki akun instagram di era seperti sekarang.

Tapi eitsss, tunggu dulu ! Jangan terburu memvonis kaum gaptek seperti itu.Karena kenyataannya banyak yang sesudah berhasil membuka akun instagram pun, masih kebingungan mau berbuat apa di instagram.Mau diapakan akun instagramnya setelah dibuat.

Ada yang bilang mau dipakai buat jualan.Ada yang bilang supaya eksis.Ada yang bilang mau buat simpan foto.Ada pula yang bilang mau buat promosi diri.
Tapi apa yang dilakukan ? Belum ada.Semua hanya deretan keinginan dan masih kesulitan dengan akun instagramnya.

Lohh, kan hanya posting-posting foto saja ?
Kalau tidak untuk dikembangkan menjadi sesuatu yang menghasilkan, silahkan ! Cukup posting foto saja … yah, hanya foto saja tanpa apapun.

Tetapi tidak demikian caranya bagi yang ingin berkembang menjadi sesuatu seperti selebgram, promosi produk, dll.Mesti ada tambahan lain selain foto yang peranannya justru snagat penting bagi orang yang ingin mencari informasi produk di instagram.Calon-calon pembeli produk kita harus bisa dengan mudah menemukan keberadaan kita di instagram.
Jika keberadaan kita tidak mudah ditemukan, sama saja bohong mau jualan di instagram.

Akhirnya hanya banyak sekali postingan kita tetapi tidak ada yang membeli.

Ada 2 hal lagi yang harus dan wajib ditambahkan pada postingan instagram kita

CAPTION INSTAGRAM

Caption adalah tulisan atau ketika yang kita tambahkan pada postingan instagram bersamaan dengan Postingan Foto.Caption bisa berisi apa saja seperti kata motivasi, keterangan foto, deskripsi produk, perkenalan perusahaan, alamat usaha, nomor telpon/kontak, dll.

Peranan caption menjadi penting terutama ketika calon pembeli yang mencari dan menemukan produk kita ingin menghubungi kita atau membeli.Kemana harus menghubungi, harus datang ke toko atau bagaimana, pengirimannya pakai apa, dll.

HASHTAG

Hashtag adalah penanda atau tanda yang berisi kata kunci yang kita inginkan orang akan menemukan kita.Dengan kata kunci apa produk kita akan ditemukan orang.

Cara penulisan hashtag diawali dengan tanda tagar # dan tanpa menyertakan spasi pada setiap sambungan kata demi kata.
Contoh penulisan hashtag yang benar : #sepatu #sepatukulit #sepatukulitmurah #sepatukulitistimewa

Memang banyak ditemukan yang menulis hashtag hingga 4 sampai 5 suku kata yang digabungkan.Namun ini tidak efektif.Cukup maksimal 3 suku kata saja.
Karena hampir tidak ada orang yang mencari sebuah produk dengan memasukkan kata kunci yang panjang.

Nahh, dengan hashtag seperti diatas nantinya ketika ada orang yang mencari dan memasukkan kata kunci : sepatu kulit murah ….. foto kita akan ikut masuk dalam pencarian.Sekalipun persaingan kata kunci juga cukup ketat di instagram.

Apakah produk kita akan muncul di awal atau tidak, sangat tergantung dari seberapa banyak pengguna instagram yang menggunakan hashtag yang sama.

Foto + Caption + Hashtag adalah 3 hal utama yang harus diperhatikan setiap kita posting di instagram.

Foto, caption, dan hashtag harus sesuai satu sama lain.Jangan sampai foto boneka lalu kita menggunakan hashtag pohon nangka.Atau foto jepit anak lalu menggunakan hashtag dan caption tentang cara pelihara reptil.
Memangnya kenapa ? Kita bisa di unfollow oleh follower kita yang merasa kecewa karena apa yang dicari di akun kita tidak sesuai harapan.Kita dianggap menipu.
Lalu kita juga bisa dilaporkan ke instagram oleh follower kita tersebut.Dan apabila ada 3 orang yang melaporkan kita dengan laporan yang sama, ada kemungkinan akun kita bisa ditangguhkan oleh instagram.

Berhati-hatilah karena dalam hal ini instagram memiliki aturan yang sangat ketat dan tegas.

Semoga bermanfaat !! Ingat … foto + caption +hashtag !

Related posts