8 Tips Menulis Deskripsi Produk di Marketplace dan Bisnis Online

menulis deskripsi produk untuk bisnis online dan marketplace

Sudah punya bisnis online ? atau baru akan memulainya ?
Apapun posisi anda saat ini, setiap bisnis online akan membutuhkan kepercayaan pelanggan untuk mau membeli produk yang anda tawarkan.

Bisnis online tanpa penjualan boleh dikategorikan sebagai bisnis online yang gagal.Tujuan akhir dari semua bisnis online, baik melalui website, youtube, ataupun marketplace seperti tokopedia, shopee, jd id, lazada, dan sebagainya adalah Penjualan.

Penjualan di Bisnis Online terutama di Marketplace tidak cukup hanya semata menampilkan foto produk yang bagus.Ada satu lagi yang peranannya sangat besar dalam membantu calon pembeli mengambil keputusan untuk berani atau tidak membeli barang anda.
Yaitu yang disebut sebagai Deskripsi Produk.

Setiap marketplace entah itu tokopedia, shopee, bukalapak, jd id, lazada, blibli, dan sebagainya.Pada saat anda menambahkan produk baru di lapak anda, pasti akan diminta untuk mengisi sebuah kolom yang menampilkan penjelasan produk.Kolom inilah yang dinamakan sebagai deskripsi dan seringkali menjadi tolok ukur utama dalam pengambilan keputusan oleh seorang calon pembeli.

Namun sayangnya, banyak pemain bisnis online pemula yang masih salah dalam memahami fungsi dari deskripsi produk tersebut.
Ingin cepat apalagi ketika produk yang dimasukkan cukup banyak, deskripsi seringkali dibuat asal-asalan.Bahkan di beberapa produk yang pernah saya jumpai di sebuah marketplace terkemuka Tidak Mencantumkan Deskripsi sama sekali.Alias kolom deskripsinya hanya diisi penjelasan 1 kalimat yang terkesan ala kadarnya.

Padahal peran deskripsi ini dari banyak survei yang dilakukan para pakar pengaruhnya sangat besar sekali dalam mempengaruhi calon pembeli untuk berani mengambil keputusan membeli dari anda.

Beruntunglah bila di sebuah marketplace yang sama ternyata persaingan anda sangat kecil.Tetapi bila persaingan anda cukup besar, banyak kompetitor yang menjual produk yang sama, deskripsi akan memiliki peranan yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Artikel ini mencoba merangkum 8 tips dalam menulis Deskripsi Produk yang dapat membantu anda dalam menulis atau mengisi kolom deskripsi di toko online atau marketplace anda.

menulis deskripsi produk untuk bisnis online dan marketplace

8 Tips Menulis Deskripsi Produk di Marketplace dan Bisnis Online

  1. HINDARI KESALAHAN INFORMASI
    Informasi yang salah bis amembuat calon pembeli tidak percaya dan kabur.Tulislah apa adanya sesuai dengan produk yang anda jual.
  2. JELAS DAN LENGKAP
    Kurangi munculnya pertanyaan dalam benak calon pembeli akibat ketidakjelasan atau tidak lengkap.
  3. GUNAKAN BAHASA SEHARI-HARI
    Gunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami oleh pembeli.Konversikan bahasa-bahasa teknis yang sulit dimengerti menjadi istilah sehari-hari.
  4. TULIS MANFAAT PRODUK
    Sebutkan nilai lebih dari produk anda yang dapat diperoleh oleh calon pembeli ketika mereka memutuskan membeli produk dari anda.
  5. JUJUR
    Baru katakan baru, bekas katakan bekas.KW 1 katakan KW1, KW 3 katakan KW 3.
  6. MUDAH DIBACA
    Hindari menggunakan jenis font atau ukuran font yang sulit dibaca.Ukuran font terbaik untuk dibaca di media online adalah 15 s/d 20.
  7. BERIKAN REFERENSI
    Apa kata mereka yang sudah menggunakan produk anda ? Tuliskan itu juga di dalam deskripsi untuk membuat calon pembeli semakin percaya.
  8. PENAWARAN SPESIAL
    Berikan penawaran-penawaran spesial yang tidak diberikan oleh kompetitor anda.Misalnya cashback atau diskon harga untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

Gunakan 8 Tips ini untuk mulai menulis deskripsi produk anda dengan baik dan benar.Jangan menjual kucing dalam karung.
Calon pembeli berhak mengetahui produk yang akan dibelinya secara detail.

Semoga Bermanfaat !!

Related posts