10 Aturan Penting dalam Marketing Media Sosial – Dilarang Melanggar !

aturan media sosial

Setiap komunitas, tak ayal juga komunitas media sosial tentu punya aturan-aturan yang wajib dipatuhi oleh orang-orang yang bermain di dalamnya.
Menjadi bagian dari media sosial, aturan tak lepas dari semua kegiatan kita berselancar di media sosial.

10 aturan penting dalam marketing media sosial

Berikut admin rangkum 10 Aturan Penting yang harus dipatuhi untuk keperluan marketing media sosial.Aturan ini digunakan untuk membantu meningkatkan pengunjung dan penjualan.


10 Aturan Penting dalam Marketing Media Sosial

1. Aturan Mendengarkan

Kita punya 2 telinga dan 1 mulut.Tentu kita akan diminta untuk lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.Dengarkan keluhan dan masalah calon pelanggan melalui media sosial mereka..Kenali mereka dan dengarkan apa yang mereka keluhkan di media sosial.

2. Aturan Fokus

Fokuslah membangun brand yang kuat dan fokuslah di bidang yang benar-benar anda kuasai.Jangan kemana-mana dan akhirnya tidak lagi fokus.

3. Aturan Kualitas

Lebih baik untuk memiliki 200 pengunjung secara online yang membaca konten anda, berbagi dan berbicara tentang konten anda dengan audiens mereka sendiri daripada 2000 pengunjung yang hilang begitu saja.Pada akhirnya : Kualitas akan mengalahkan kuantitas.
Jangan bangga kalau punya banyak like tapi tidak dibeli.Disukai tapi tak dibeli, akhirnya untuk apa ? Lebih baik sedikit yang suka, tapi banyak yang membeli.

4. Aturan Kesabaran

Yang sabarrrr ya Boss.Butuh kesabaran tingkat dewa. Kesuksesan di media sosial dan keberhasilan konten marketing tidak terjadi dalam satu kedipan mata, butuh kesabaran dan kerja keras. Miliki komitmen tinggi untuk berhasil di media sosial.

5. Aturan Senyawa

Pahami apa yang diinginkan oleh audiens anda, dan menyatulah dalam dunia mereka.
Apabila anda memposting konten yang bagus dan bekerja keras membangun audiens anda yang setia maka bukan tidak mungkin audiens anda akan berbagi konten yang anda posting di Twitter, Instagram, Facebook, ataupun di blog milik mereka. Berbagi dan mendiskusikan konten anda bisa menjadi entry point bagi anda untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih besar lagi. Maka bersenyawalah dengan audiens anda.

6. Aturan Pengaruh

Berusahalah untuk bekerjasama dengan orang-orang yang memiliki pengaruh di media sosial.Di era sekarang, selebgram atau youtuber bisa membantu produk anda melalui pengaruh yang mereka miliki.

7. Aturan Nilai

Ingin di-unfollow oleh audiens anda ? Promosilah terus menerus sampai sudiens anda bosa melihat postingan yang anda bagikan.Lalu anda akan kehilangan audiens anda.
Ini adalah cara yang salah.Jangan isi postingan anda dengan melulu promosi produk. Ada kalanya anda perlu memberikan konten yang menarik, yang bermanfaat dan yang memberi nilai bagi mereka. Dengan begitu, pada saatnya audiens akan menjadi katalis yang kuat untuk marketing mulut ke mulut bagi bisnis anda.

8. Aturan Pengakuan

Berkomunikasilah dengan audiens anda.Bercakaplah dengan mereka melalui DM, atau kolom komentar, dll.

9. Aturan Aksesibilitas

Jangan posting posting posting, lalu menghilang.Dua hari posting, lalu 5 hari menghilang, dst.Mesti konsisten.Lbih baik satu hari 3 atau 4 postingan tapi konsisten daripada satu kali 10 postingan lalu tiba-tiba menghilang, dan kemudian muncul lagi dengan 15 postingan baru, lalu hilang lagi.

10. Aturan Timbal Balik

Anda tidak bisa mengharapkan orang lain untuk berbagi konten anda dan berbicara tentang anda jika anda tidak melakukan hal yang sama untuk mereka. Jadi, sebagian dari waktu yang anda habiskan di media sosial harus difokuskan pada berbagi dan berbicara tentang konten yang diterbitkan oleh orang lain juga.

Semoga Bermanfaat !!

Related posts