Panduan Lengkap Pencitraan Merek di Media Sosial

strategi media sosial

Pendiri Amazon Jeff Bezos dengan terkenal menyindir bahwa pencitraan merek adalah “apa yang orang katakan tentang Anda saat Anda tidak berada bersama mereka”. Itu adalah pemikiran yang menarik; apa perasaan abadi yang orang-orang di sekitar Anda rasakan saat Anda tidak lagi bersama mereka? Apa kata mereka tentang Anda pada saat itu ?

Banyak dari kita mengaitkan konsep merek yang dipertimbangkan dengan cermat dengan sebuah perusahaan, tetapi di era pengaruh online di mana kita sendiri adalah produknya, pencitraan merek pribadi menjadi semakin penting untuk sukses — baik di bidang pribadi maupun profesional.

Faktanya adalah, Anda memiliki kekuatan untuk mendesain bagaimana Anda dan dengan ekstensi, merek profesional Anda, dilihat oleh dunia. Anda memiliki elemen visual dan tertulis yang dapat Anda gunakan untuk menyalurkan energi baru ke ruang yang Anda gunakan di dunia, apakah Anda seorang intrapreneur yang mencari kemajuan karir atau seorang desainer wiraswasta yang ingin menunjukkan kepada dunia apa Anda. mampu. Membuat merek pribadi yang kuat dan otentik adalah kunci untuk mendapatkan lebih banyak wawancara, dipertimbangkan untuk lebih banyak promosi, dan memberi orang-orang di sekitar Anda kesan yang berkesan tentang siapa Anda, bahkan saat Anda tidak berada bersama mereka saat itu.

Berikut panduan membuat merek yang mencerminkan autentik dan akurat tentang siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan.

PUTUSKAN SEBAGAI APA ANDA INGIN DILIHAT

Anda harus memiliki fokus yang jelas tentang bagaimana Anda ingin orang memandang Anda. Meskipun mencari tahu siapa Anda sebagai ‘merek’ mungkin tampak seperti definisi yang tidak autentik, Anda dapat memikirkannya dengan cara yang sama seperti Anda menyesuaikan pakaian agar sesuai dengan situasi yang berbeda. Sosiolog Erving Goffman percaya bahwa kita menyesuaikan diri kita untuk tetap sejalan dengan orang yang berinteraksi dengan kita, menjuluki ‘presentasi diri’ ini. Dalam praktiknya, Anda dapat menganggapnya seperti ini: saat Anda bersama teman, Anda santai dan rileks dan pakaian serta bahasa Anda mencerminkan hal itu. Di lain waktu, jika Anda ingin terlihat lebih profesional, Anda akan mengenakan pakaian yang lebih formal dan berbicara dengan nada yang lebih fasih dan berwibawa. Ini benar-benar hanya serangkaian penyesuaian di seluruh bidang visual, tertulis, dan verbal, yang ditambahkan untuk menciptakan persepsi yang lebih berbeda tentang orang-orang bahwa Anda berada dalam situasi yang berbeda.

Personal branding bukanlah tentang mencoba mengukir identitas baru untuk diri Anda sendiri; pada intinya, ini adalah latihan dalam menyoroti kekuatan sejati Anda, tidak hanya menciptakan kekuatan yang sebenarnya tidak Anda miliki.

Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan penting. Apa inti dari penawaran saya kepada konsumen atau audiens saya? Apa yang membuat saya unik dan memungkinkan saya menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki orang lain? Apa kekuatan saya? Apakah saya memiliki gaya yang berbeda? Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan membuat strategi untuk mengungkapkannya menciptakan konsistensi dan mempermudah membangun hubungan dengan audiens.

PERKUAT APA YANG MENJADI PENAWARAN ANDA

Pastinya banyak hal yang membuatmu unik. Namun, apa kecintaan Anda yang mendalam pada novel Haruki Murakami pada orang lain? Jika Anda berharap untuk terhubung dengan audiens, apakah itu manajer Anda atau pengikut media sosial Anda, Anda harus memahami proposisi nilai Anda. Yaitu, apa yang Anda tawarkan kepada orang-orang dan masalah apa yang ingin Anda selesaikan untuk mereka?

Anda mungkin pandai membuat video candid, misalnya. Anda dapat membangun nama untuk diri Anda sendiri dalam hal ini, menjangkau merek atau influencer dan menawarkan layanan Anda, atau memposisikan diri Anda sebagai ahli dalam membuatnya dan menawarkan saran tentang bagaimana audiens Anda dapat menciptakannya kembali. Dalam kedua kasus tersebut, Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan kepada audiens sesuatu yang sangat Anda sukai, dengan Anda sebagai pusatnya.

Apa yang Anda tawarkan lebih dari apa yang Anda kuasai juga. Anda mungkin hebat dalam membuat laporan tetapi membenci tugas itu, jadi fokuslah pada hal-hal yang benar-benar membuat Anda bahagia. Apakah membuat orang bersemangat? Mungkin Instagram Anda bisa ditaburi ubin kutipan inspirasional. Apakah Anda suka berbicara tentang penulis Jepang modern? Mungkin Anda bisa membuat blog tentang hubungan antara Murakami dan novelis muda Jepang. Meskipun Anda dapat melakukan bakat (berpura-pura sampai Anda berhasil, kan?) Dalam beberapa hal, Anda tidak dapat memalsukan antusiasme. Orang-orang akan tertarik kepada Anda karena hasrat sejati Anda, jadi berusahalah untuk memperkuatnya. Di suatu tempat di antara pengetahuan, pengalaman pribadi, dan hasrat Anda akan menjadi ceruk sejati Anda yang tak tertandingi.

KENALI TARGET MARKET DAN PESAING ANDA

Sama seperti yang Anda lakukan saat memulai bisnis baru atau menangani desain baru, Anda perlu tahu dengan siapa Anda berbicara. Terkadang, audiens tersebut adalah atasan Anda, yang menentukan apakah Anda melakukan pekerjaan dengan baik dalam peran Anda. Di lain waktu, ini adalah peningkatan jumlah pengikut di halaman Instagram Anda. Meskipun mengikuti irama drum Anda sendiri itu penting, Anda harus mengingat pemirsa — jika beruntung, jika Anda telah mengukir ceruk dengan benar, pemirsa Anda akan menjadi tipe yang tertarik pada apa yang membuat Anda, Anda.

Mulailah dengan membuat profil dari anggota audiens biasa Anda; siapa mereka, apa yang mereka suka dan tidak suka, serta merek lain yang mereka kaitkan. Jika itu membantu, tunjukkan wajah mereka dan beri mereka nama untuk menyempurnakan visi Anda tentang mereka sebanyak mungkin.

Saat Anda membangun profil ini, jangan lupa untuk melihat pesaing. Merek lain apa yang menempati pasar yang sama yang biasanya dikaitkan dengan konsumen Anda yang diprofilkan? Jika Anda seorang desainer, temukan desainer lain dengan kekuatan dan gaya serupa untuk melihat apa yang mereka lakukan untuk menarik klien. Jika Anda mendesain untuk merek kafe organik Anda, lihat merek kafe organik populer, lihat kesamaan apa yang mereka miliki dan apa yang membedakannya. Ini adalah titik awal yang bagus untuk menemukan celah apa pun di pasar Anda.

BUAT ASET DIGITAL ANDA

Media sosial bukan lagi sekadar alat rekreasi; bisnis menggunakan media sosial untuk membangun jaringan, mengiklankan, memamerkan keahlian mereka, dan membentuk merek mereka. Di sinilah aset digital yang efisien menjadi sangat penting: membuat merek tidak berarti Anda hanya dapat membuat logo dan palet warna dan berhenti di situ. Pada kenyataannya, ada banyak elemen lain — umumnya dikenal sebagai kiriman — yang dapat meningkatkan merek Anda.

Ambil Facebook sebagai contoh. Ada gambar profil, foto sampul, postingan gambar, desain konten, dan gambar tombol aplikasi, sebagai permulaan. Selain itu, Anda memiliki tajuk Twitter, kiriman gambar Twitter, kiriman Instagram, Sampul Saluran YouTube, dan banyak lagi, tergantung pada situs apa yang Anda pilih untuk menempatkan merek Anda.

Seringkali, dimensi, ukuran, pemotongan setiap pengiriman digital berbeda. Jadi, untuk memastikan desain Anda berukuran sempurna dan dioptimalkan untuk setiap media sosial, gunakan templat khusus untuk menghindari keharusan membuat ulang aset dari awal untuk setiap platform.

Selain media sosial, pertimbangkan elemen digital lain yang mungkin Anda butuhkan. Apakah Anda membutuhkan konten untuk situs web Anda? Apakah Anda memerlukan tanda tangan untuk email Anda? Coba pikirkan setiap saluran yang akan Anda gunakan secara profesional, dan padukan dengan desain yang kohesif.

Semoga Bermanfaat !!

Related posts