Wisata ke Shanghai Disneyland dalam 2 Hari

toy story land shanghai disneyland

WISATA KE SHANGHAI DISNEYLAND DARI A SAMPAI Z DALAM 2 HARI

Berkunjung ke Shanghai Disneyland merupakan salah satu aktivitas wajib bagi wisatawan yang travelling ke kota Shanghai-China.

Selain The Bund, Yu Garden, dan Nanjing Road Pedestrian Street yang merupakan surganya belanja di Shanghai …. Shanghai Disneyland merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

shanghai disneyland

BAGAIMANA MENUJU SHANGHAI DISNEYLAND DARI KOTA

Kami menuju Shanghai Disneyland dari kawasan Nanjing Road Pedestrian Street dengan menggunakan taxi dan membayar sekitar RMB 167 atau sekitar 335 ribu rupiah.

Shanghai Disneyland juga bisa ditempuh dengan menggunakan Metro Subway Line 11 (Line warna coklat tua) yang turun langsung di area Shanghai Disneyland.

Bagi yang tidak menginap di Disneyland Hotel atau Toy Story Hotel, tidak perlu kuatir.Hampir semua hotel di sekitar Shanghai Disneyland menyediakan transportasi antar jemput.Kendaraan hotel megantar dan menjemput di line masing-masing.Perlu ditanyakan ke pihak hotel masing-masing, kendaraan mereka menjemput di line berapa.

Hampir semua kendaraan hotel mengantar dan menjemput tamu hotel mereka yang ke Shanghai Disneyland di Donald Duck Park Area.
Di Donald Duck Park Area ada Line 1 s/d Line 8.Hotel bisanya akan menginformasikan kendaraan mereka parkir di line berapa dan menjemput pada jam berapa.

Shanghai Disneyland terletak dekat dengan Pudong International Airport.Sehingga hotel berbintang minimal bintang 2 umumnya menyediakan transportasi antar jemput gratis menuju ke dan dari Shanghai Disneyland.

Salah satunya adalah Q+ Gudi Hotel & Apartment.Jadwal pengantaran tamu hotel ke Shanghai Disneyland mulai pk.06.15-08.30 pagi.Shanghai Disneyland mulai dibuka pda pk.09.00 waktu setempat.
Dan pilihan penjemputan dari Q+ Gudi Hotel & Apartment adalah pk.19.00 dan pk.21.15.

shanghai disneyland resort

ANTRIAN PINTU MASUK SHANGHAI DISNEYLAND

Jangan ditanya antrian di pintu masuk.Bagi yang tidak terbiasa terkena antrian super duper panjang, lebih baik lupakan kunjungan ke Shanghai Disneyland.Apalagi di akhir pekan seperti Jumat, Sabtu, dan Minggu.
Selain antrian yang mengular dan dalam tanda kutip “tidak wajar’, jalan masuk menuju antrian juga seringkali dibuat model buka tutup sehingga anda akan berjalan cukup jauh dan tidak masuk akal menuju antrian Security Checking.

Setelah melewati antrian Security Checking, anda harus mengantri lagi dengan barisan antrian yang lebih cepat dan lebih singkat untuk pengecekan tiket.

Bagi yang belum memiliki tiket masuk, tiket bisa dibeli setelah melewati Security Checking.

Masalah antrian terjadi di tempat wisata besar dan terkenal seperti Shanghai Disneyland bukanlah hal yang aneh.Di Universal Studios Singapore juga memiliki antrian masuk yang cukup panjang.
Namun membedakannya adalah cara pengunjung mengantri.Di Shanghai Disneyland, jangan kaget ketika diserobot.Penduduk lokal sudah terbiasa saling serobot dalam sebuah antrian apapun.

 

shanghai disneyland

ANTRIAN PERMAINAN DI DALAM THEME PARK SHANGHAI DISNEYLAND

Panjangnya antrian di sebagian besar permainan umumnya adalah 20-50 menit.Bahkan di permainan yang banyak digemari bisa mencapai 75 menit.
Sangat disayangkan setelah antri begitu lama dan panjang, setiap permainan hanya dapat dinikmati sebentar.

Bagaimana melewati antrian panjang ? Apakah tersedia Tiket Fast Lane atau Fast Pass ? Di Shanghai Disneyland, tidak dijual tiket Fast Pass.Tiket Fast Pass hanya bosa diperoleh melalui aplikasi “Shanghai Disneyland App’ yang bisa diinstal di Hp Android melalui Playstore dan HP Apple.

Namun keberhasilan pendaftaran akun untuk masuk ke halaman member Shanghai Disneyland App tidak semudah yang dibayangkan.

shanghai disneyland

Beberapa situs informasi travelling Shanghai sering menulis bahwa tiket Fastpass juga bisa diperoleh di Guess Information yang tersedia di setiap Tema Area.Namun kenyataannya, pada kunjungan saya ke Shanghai Disneyland tidak ada tempat untuk scan tiket sama sekali di Guess Information.

Ketika saya bertanya ke petugas, juga diinformasikan bahwa tiket Fast Pass hanya bisa diperoleh melalui Shanghai Disneyland App.Dan Gratis.
Sayangnya, proses pembuatan akun sangat sulit.Saya mencoba membuat akun di Shanghai Disneyland App mulai sebelum tiba di Shanghai Disneyland sampai siang hari jam makan siang.Namun terus menerus gagal.

Akhirnya saya dan keluarga memilih antri di permainan-permainan memiliki antrian pendek saja (30 menit ke bawah)

Pada malam hari, Shanghai Disneyland menampilkan Lighting Show.Gedung utama Fantasy Land dibuat menjadi sebuah movie berukuran besar diiringi dengan efek lighting yang sangat menarik.Beberapa efek api juga dibuat untuk terlihat semakin meriah.
Sayang, tempat pertunjukan yang erada di area Mickey … tidak dapat menampung jumlah pengunjung yang ingin menonton Lighting Show.Sehingga harus berdesakan, bahkan maaf …. berdesakan tanpa aturan.Saling senggol dan serobot.

toy story land shanghai disneyland

Sebagai orang yang pernah pergi ke 2 Disneyland, yaitu Hong Kong dan Shanghai.Menurut saya pribadi, Disneyland Hong Kong masih jauh lebih baik dari segi etika pengunjung dibanding Shanghai.Namun dari sisi permainan, Disneyland Shanghai memiliki permainan yang lebih lengkap.

Di beberapa antrian di Disneyland Shanghai, saya seringkali diserobot bukan oleh 1 atau 2 orang.Tetapi oleh sekelompok orang.Biasanya oleh rombongan keluarga atau tour yang kawannya sudah terlebih dahulu antri di depan, kemudian kawannya yang lain yang berjumlah cukup banyak menerobos antrian dengan alasan bahwa menyusul kawannya yang sudah lebih dulu di depan.
Jadi mereka mungkin sudah sering ke Shanghai Disneyland dan memiliki trik seperti itu.Akhirnya seringkali antrian yang ditulis 40 menit, bukanlah 40 menit bagi saya dan keluarga.

SEBAGIAN BESAR KARYAWAN SHANGHAI DISNEYLAND TIDAK BISA BERBAHASA INGGRIS

Ini problem serius juga bagi saya dan keluarga di Shanghai Disneyland.Sebagian besar karwayan terutama di restaurant sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris.Mereka hanya berbahasa Mandarin.

Agak aneh memang ketika saya mengetahui ini dibanding ketika saya ke Hong Kong Disneyland.Awalnya saya berpikir bahwa karena Disneyland adalah sebuah karya yang sudah mendunia, memiliki para karyawan yang siap melayani tidak hanya bagi pengunjung lokal, tetapi juga pengunjung international.Apalagi nama Disnyland yang mendunia dan memiliki sejarah erat dengan Walt Disney di USA.Saya terkejut ketika mengetahui bahwa saya mengalami kesulitan komunikasi dengan para pekerja di Shanghai Disneyland.

shanghai disneyland

Belum lagi jawaban yang kadang kurang sopan dari para karyawan yang tidak bisa berbahasa Inggris dan meminta kami untuk segera cepat dalam memilih dan memesan makanan.Bagaimana bisa cepat, mereka sama sekali tidak mampu menjelaskan tentang makanannya dalam bahasa Inggris ?

Bila anda memiliki kawan atau kenalan atau keluarga yang bisa berbahasa Mandarin, akan mempermudah kunjungan anda di Shanghai Disneyland.

shanghai disneyland

Namun kesan saya pribadi dan anak-anak saya tentang Shanghai Disneyland tidak sebaik Disneyland Hong Kong dan Universal Studios Singapore.Khususnya bagi anda yang tidak bisa berbahasa Mandarin.

 

Related posts