Wisata Bunga di Mal Bunga Desa Sidomulyo, Batu – Malang

wisata mal bunga desa sidomulyo batu malang

Entah kenapa setiap kali melihat bunga dan tanaman hias, seakan masuk ke dalam refreshing yang sesungguhnya.

termasuk pada hari Minggu tanggal 17 Oktober 2021 ketika memutuskan untuk berkunjung ke Wisata Bunga Desa Sidomulyo di Kota Wisata Batu, Malang.

wisata bunga sidomulyo batu

Sebagai warga Malang yang lebih dari 20 tahun tinggal di kota dan kabupaten Malang, saya mengenal desa Sidomulyo dulunya adalah sebuah tempat yang penuh perkebunan mawar.Dengan medan jalan yang penuh lumpur dan tanah dan sulit bagi kendaraan roda 4 untuk melintas.

Namun beberapa tahun terakhir pemerintah kota Batu memberikan perhatian lebih dengan membuat jalan aspal dan berdirinya sebuah restoran kolam pancing Pring Pethuk di area perkebunan mawar tersebut membuat desa Sidomulyo menjadi sebuah desa wisata.

Sebuah tempat destinasi wisata baru yang layak dikunjungi di kota Batu.

Apalagi sejak pandemi Covid 19, desa Sidomulyo kembali disulap menjadi sebuah Mal Bunga.Deretan penjual bunga yang berjajar stand demi stand di sepanjang jalan desa.

Dan yang terbaru saat ini tidak hanya ada mawar.Namun juga berbagai bunga yang cantik nan menawan.Tidak lagi hanya mawar.

Itulah cerita singkat tentang perkembangan desa Sidomulyo dari waktu ke waktu yang saya kenal.

Begitu mudah bagi saya untuk menjangkau Desa Sidomulyo yang hanya berjarak 30 km dari rumah tinggal saya.Sehingga saya cukup sering berkunjung kesana.Baik sekedar untuk jalan-jalan menikmati pemandangan alamnya, ataupun untuk membeli koleksi-koleksi bunga.

CARA MENUJU WISATA BUNGA DI DESA SIDOMULYO

Banyak yang masih nyasar ketika menuju desa wisata Sidomulyo.Mengingat memang pemerintah kota Batu ataupun warga sampai artikel ini ditulis tanggal 18 Oktober 2021 belum memberikan petunjuk jalan yang jelas.Bahkan ketika sudah masuk ke area wisatanya pun masih dibingungkan dengan belokan-belokan gang kecil.Ini yang cukup disayangkan.

Tapi tenang.Untuk pembaca artikel ini, saya bagikan tips mudah untuk menuju wisata mal bunga desa Sidomulyo.

Minimal anda sudah harus tahu arah dari kota Batu menuju ke arah Selecta.Atau yang dari arah Mojokerto / Pacet, tingggal memperhatikan tulisan-tulisan Desa Sidomulyo di tepi jalan raya.

Nahh, kalau sudah ketemu tulisan-tulisan yang menunjukkan bahwa anda sudah berada di Desa Sidomulyo, tingal cari jalan kecil yang di depannya ada papan nama besar bertulisakan : “Jl Cemara Kipas” dan “Pring Pethuk”.

Papan tersebut berwarna biru laut dengan tulisan berwarna putih.

Kalau sudah ketemu, masuklah ke Jalan Cemara Kipas tersebut.Lalu jalan terus sampai ketemu petunjuk menuju Cafe / Resto Pring Pethuk.
Masuklah ke jalan kecil tersebut.Mulut jalan hampir tidak kelihatan.Apabila mengemudi terlalu cepat, bisa terlewat.Karena mulut jalan hanya seukuran 1 mobil.

Kalau sudah, anda sudah memasuki kawasan wiata bunga yang disebut sebagai Mal Bunga.Ikuti saja jalan itu, dan di sepanjang jalan anda akan menemukan stand-stand bunga.

Anda bisa memarkir kendaraan di tepi jalan.Carilah parkir yang lebar karena memang banyak kawasan yang belum terkelola lahan parkirnya.

Dari situ anda sudah bisa berbelanja bunga dan melihat penjual bunga dan lahannya di kiri dan kanan jalan.

Apabila anda ingin menuju ke Mal Bunga yang sudah dikelola oleh pemerintah kota Batu dengan lahan parkir yang luas, jalan lagi … maju terus nanti akan ketemu.

Simak video ini :

Dan yang ini video di salah satu stand bunga favorit saya :

Kurangnya petunjuk jalan di dalam area desa wisata Sidomulyo adalah satu-satunya kekurangan yang ada.Bahkan ada jalan yang tiba-tiba ditutup dengan 3 buah tanaman pucuk merah dan tidak ada arahan selanjutnya harus kemana.
Semoga menjadi perhatian pemkot Batu untuk melengkapi indahnya Wisata Mal Bunga desa Sidomulyo.

Video perjalanan PP menuju dan pulang dari wisata bunga sidomulyo :

Semoga Bermanfaat !

Related posts