April 19, 2024
ukm go digital

Pada masa awal saya di dunia SEO, dan masih saya ingat sampai hari ini
terus-menerus mendengar pepatah “Konten adalah raja.” Ini masih terjadi
hari ini, tapi saya yakin ini berlaku di semua pemasaran.

Saya percaya dunia pemasaran masih mencoba mendefinisikan apa arti konten yang bagus dan apa yang disertakan dalam menentukan tipe konten. Konten dapat berarti banyak hal di dunia pemasaran, dan SEO dapat membantu menginformasikan dan mengatur pembuatannya sehingga mendapat tampilan sebanyak mungkin.

Konten sangat penting untuk proses SEO karena konten memungkinkan
anda untuk menentukan peringkat untuk pencarian yang anda targetkan. Tidak seperti pencarian berbayar, bila ingin muncul untuk pencarian organik, situs web biasanya harus memiliki konten dengan frasa yang anda targetkan. Misalnya, sebuah merek mungkin menganggap dirinya sebagai penyedia asuransi mobil, dan situs mereka hanya menggunakan asuransi mobil berjangka. Mereka menugaskan tim mereka dengan peringkat untuk asuransi mobil atau asuransi sepeda motor serta istilah intinya, asuransi mobil. Untuk menentukan peringkat untuk asuransi mobil atau asuransi sepeda motor, merek harus membangun konten di situs mereka yang secara khusus menyebutkan dan dioptimalkan seputar istilah tersebut. Untuk peluang terbaik di peringkat, sebuah merek harus membangun dedikasi
halaman web untuk setiap istilah pencarian yang ingin mereka rangking. Ada sebuah beberapa pengecualian untuk ini, dan terkadang konten akan diberi peringkat tanpa secara spesifik.

Membuat konten yang tepat membutuhkan banyak riset dan pemahaman tentang audiens, dan upaya itu hanya sia-sia jika anda tidak mmiliki konten yang ramah SEO.
Mengidentifikasi ide konten bisa datang dalam banyak cara, tetapi secara umum tidak ada yang seperti data kata kunci pencarian wawasan yang disediakan.

Saya akan berpendapat bahwa ini adalah cara terbaik untuk mengidentifikasi konten apa yang harus anda buat.
Prosesnya cukup sederhana, dan ada banyak alat kata kunci yang tersedia
di pasar untuk dibeli. Google juga menyediakan data kata kunci dalam
Alat Perencana Kata Kunci AdWords. Setelah anda mengidentifikasi frasa atau kategori apa frasa yang ingin anda peringkatkan, anda perlu mengidentifikasi jenis konten yang ingin anda buat.
Jika anda mencari situs web anda untuk menentukan peringkat frasa, anda perlu buat konten panjang yang berbicara dengan frasa itu dalam beberapa
area utama, termasuk URL, judul halaman, seluruh salinan,dan teks tautan di halaman.
Seiring berjalannya waktu, semakin penting untuk memiliki konten yang panjang, terutama untuk istilah pencarian yang sangat umum dan kompetitif
dan memiliki banyak konten yang sudah mendapat peringkat di mesin pencari.

Rata-rata Hasil halaman pertama Google berisi 1.890 kata (sumber: Backlinko, 2016).
Contoh untuk asuransi mobil terbaik adalah halaman yang memiliki lebih banyak dari 4.000 kata dan 12 penyebutan frasa yang tepat. Ungkapannya juga pada tag URL dan SEO HTML.

Untuk frasa pencarian yang sangat umum, lebih komprehensif pendekatan konten mungkin diperlukan. Kuncinya adalah menyediakan halaman web yang SEO-optimal untuk setiap istilah yang ingin anda peringkatkan.