May 29, 2024

10 Teknik Jualan Laris di TikTok Teratas untuk Memasarkan Produk.

Tiktok telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer di kalangan generasi muda.

Ini adalah aplikasi tempat pengguna dapat membuat dan membagikan video 15 detik tentang diri mereka yang menyinkronkan bibir, menari, atau menampilkan konten bentuk pendek lainnya.

Tapi tahukah Anda bahwa Tiktok juga bisa menjadi platform yang bagus untuk memasarkan produk Anda?

Dengan lebih dari 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia, ini adalah tambang emas untuk bisnis yang ingin menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.

Dalam posting blog ini, kami akan menjelajahi 10 teknik penjualan panas teratas untuk memasarkan produk Anda Tiktok.

Mulai dari membuat konten yang menarik hingga menggunakan tagar populer, kami akan membagikan kiat dan trik untuk membantu Anda memanfaatkan aplikasi populer ini untuk mengembangkan bisnis Anda.

Jadi, jika Anda ingin memanfaatkan audiens muda dan sangat terlibat ini, baca terus untuk mempelajari cara memasarkan produk Anda di Tiktok

jualan laris di tiktok

.

1. Mengapa TikTok adalah platform penting untuk memasarkan produk Anda

TikTok adalah platform yang sangat kuat yang telah membawa dunia dengan badai. Pada 2021, TikTok memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif secara global, dan jumlah ini hanya akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Dengan mayoritas pengguna berusia antara 16-24 tahun, ini adalah platform yang bagus untuk menjangkau demografis yang lebih muda, terutama jika Anda menargetkan pasar Gen Z.

Algoritma unik platform memungkinkan konten menjadi viral dengan cepat, yang memberi bisnis peluang bagus untuk menjangkau khalayak luas dalam waktu singkat.

Algoritma TikTok juga menampilkan konten kepada pengguna berdasarkan minat, perilaku, dan interaksi mereka dengan platform, yang berarti bahwa jika konten Anda menarik dan relevan, ia berpotensi menjangkau audiens yang tepat.

Popularitas TikTok juga terletak pada kemampuannya untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi penggunanya.

Format video bentuk pendek platform dan alat pengeditan yang mudah digunakan memungkinkan pengguna membuat konten unik dan kreatif yang sangat mudah dibagikan.

Ini berarti bahwa produk atau merek Anda dapat dibagikan di antara basis pengguna TikTok yang luas, menjadikannya platform yang bagus untuk pertumbuhan organik.

Kesimpulannya, TikTok adalah platform penting untuk bisnis yang ingin memasarkan produk mereka ke audiens yang lebih muda.

Dengan algoritma uniknya, basis pengguna yang luas, dan konten yang menarik, TikTok memberikan peluang bagus bagi bisnis untuk menjangkau audiens target mereka dengan cepat dan efektif

.

2. Membuat akun dan profil TikTok untuk merek Anda

Membuat akun dan profil TikTok untuk merek Anda adalah langkah pertama untuk memasarkan produk Anda di platform media sosial populer ini.

TikTok dengan cepat menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif.

Dengan membuat akun TikTok untuk merek Anda, Anda akan memanfaatkan audiens besar yang haus akan konten baru dan menarik.

Saat membuat profil TikTok Anda, penting untuk mengingat identitas merek Anda.

Pastikan gambar profil dan bio Anda mencerminkan esensi merek Anda. Ini akan membantu calon pelanggan dengan mudah mengidentifikasi merek Anda dan apa yang Anda tawarkan.

Aspek penting lainnya dari profil TikTok Anda adalah nama pengguna Anda. Pastikan mudah diingat dan relevan dengan merek Anda.

Nama pengguna yang terlalu rumit atau tidak terkait dengan merek Anda dapat menyulitkan calon pelanggan untuk menemukan Anda di platform.

Setelah profil Anda diatur, saatnya untuk mulai membuat konten yang menampilkan produk Anda dengan cara yang menarik dan menghibur.

Gunakan tren dan tantangan TikTok populer untuk membuat konten yang relevan dengan merek Anda dan menarik bagi audiens target Anda.

Singkatnya, membuat akun dan profil TikTok untuk merek Anda adalah langkah penting dalam memasarkan produk Anda di platform populer ini.

Dengan membuat konten menarik yang menampilkan produk Anda dengan cara yang menyenangkan dan menghibur, Anda akan dapat menarik perhatian audiens besar TikTok dan mendorong penjualan untuk merek Anda.

3. Memahami algoritma TikTok dan cara kerjanya

Agar sukses di TikTok, Anda perlu memahami cara kerja algoritme dan konten apa yang berkinerja baik. Algoritma TikTok didasarkan pada beberapa faktor berbeda, termasuk interaksi pengguna, informasi video, dan pengaturan perangkat dan akun.

Interaksi pengguna mengacu pada bagaimana pengguna terlibat dengan konten di platform, seperti suka, komentar, berbagi, dan mengikuti. Video yang menerima banyak keterlibatan lebih cenderung ditampilkan kepada pengguna lain.

Informasi video mencakup hal-hal seperti teks, tagar, dan suara. Menggunakan hashtag dan suara yang relevan dapat membantu video Anda ditemukan oleh pengguna yang tertarik dengan konten Anda.

Pengaturan perangkat dan akun juga berperan dalam Algoritma TikTok. Misalnya, jika pengguna sering menonton video yang terkait dengan memasak, TikTok akan menampilkan lebih banyak video memasak kepada mereka.

Demikian pula, jika pengguna sering terlibat dengan konten pembuat konten tertentu, TikTok akan menunjukkan lebih banyak video pembuat konten itu kepada mereka.

Untuk memaksimalkan algoritma TikTok, penting untuk membuat konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan audiens target Anda.

Gunakan hashtag dan suara yang relevan, dan berinteraksi dengan pengikut Anda dengan menanggapi komentar dan pesan.

Dengan memahami cara kerja algoritma TikTok, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk melihat konten Anda oleh audiens yang lebih luas dan mendorong lebih banyak penjualan

.

4. Mengidentifikasi audiens target Anda di TikTok

Mengidentifikasi audiens target Anda di TikTok sangat penting untuk kampanye pemasaran yang sukses.

TikTok memiliki basis pengguna yang lebih muda, dengan mayoritas pengguna berusia di bawah 30 tahun. Mengetahui hal ini, penting untuk menyesuaikan konten Anda agar menarik demografis ini.

Salah satu cara untuk mengidentifikasi audiens target Anda adalah dengan meneliti tagar populer yang relevan dengan produk atau layanan Anda dan melihat siapa yang terlibat dengan tagar tersebut.

Anda juga dapat melihat profil influencer TikTok populer di niche Anda dan melihat jenis konten apa yang mereka buat dan siapa audiens mereka.

Setelah mengidentifikasi audiens target Anda, Anda dapat mulai membuat konten yang sesuai dengan mereka.

Ini dapat mencakup penggunaan trek musik populer dan suara yang menarik bagi demografis Anda, serta menciptakan tantangan dan tren yang mendorong keterlibatan dengan merek Anda.

Penting untuk diingat bahwa pengguna TikTok mencari hiburan dan keaslian. Konten Anda harus kreatif, menarik, dan terasa asli.

Dengan melayani audiens target Anda dan membuat konten yang berbicara kepada mereka, Anda akan berada di jalan menuju kampanye pemasaran yang sukses di TikTok

.

5. Membuat konten Jualan di Tiktok yang menarik dan dapat dibagikan

Membuat konten yang menarik dan dapat dibagikan sangat penting untuk keberhasilan strategi pemasaran TikTok Anda. TikTok adalah semua tentang kreativitas dan hiburan, dan pengguna suka terlibat dengan konten yang unik, menyenangkan, dan menyenangkan.

Untuk membuat konten yang menarik, Anda perlu memahami audiens Anda dan jenis konten apa yang mereka nikmati. Lihatlah apa yang dilakukan merek lain di industri Anda TikTok dan jenis video apa yang populer di kalangan audiens target Anda. Gunakan informasi ini untuk menginspirasi konten Anda sendiri dan menempatkan putaran unik Anda sendiri di atasnya.

Cobalah untuk membuat konten yang menarik secara visual dan menampilkan grafis, warna, dan efek yang menarik. Bereksperimenlah dengan gaya video yang berbeda seperti tutorial, tantangan, atau sekilas di balik layar ke dalam bisnis Anda.

Cara lain untuk membuat konten yang menarik adalah dengan berkolaborasi dengan pembuat atau influencer TikTok lainnya. Ini dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan memanfaatkan basis penggemar kolaborator Anda.

Terakhir, pastikan konten Anda dapat dibagikan dengan menyertakan ajakan bertindak di akhir video Anda, seperti meminta penonton untuk menyukai, mengomentari, atau membagikan video Anda. Permudah pemirsa untuk menemukan dan mengikuti merek Anda dengan menyertakan pegangan atau hashtag Anda dalam deskripsi video Anda.

Dengan membuat konten yang menarik dan dapat dibagikan, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek, membangun pengikut setia, dan mendorong sales di TikTok

.

6. Memanfaatkan tagar dan tantangan yang sedang tren

Salah satu keuntungan terbesar memasarkan produk Anda di TikTok adalah penggunaan platform untuk tagar dan tantangan yang sedang tren. Tantangan-tantangan ini dapat membuat produk Anda menjadi viral hanya dalam hitungan jam.

Kunci untuk memanfaatkan hashtag dan tantangan adalah untuk menjaga posting Anda relevan dengan tren, sementara juga mempromosikan produk Anda dengan cara yang kreatif. Misalnya, jika ada tantangan tari yang sedang tren, Anda dapat memasukkan produk Anda ke dalam rutinitas tari atau membuat tantangan spin-off unik yang terkait dengan produk Anda.

Anda juga dapat membuat tantangan atau tagar Anda sendiri, yang merupakan cara yang bagus untuk membangun merek Anda dan menghasilkan konten buatan pengguna. Dorong pengikut Anda untuk berpartisipasi dan bagikan video mereka sendiri menggunakan tagar bermerek Anda. Ini tidak hanya meningkatkan visibilitas produk Anda tetapi juga menciptakan rasa komunitas di sekitar merek Anda.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua tren dan tantangan cocok untuk mempromosikan produk Anda. Pastikan untuk melakukan riset dan memilih dengan bijak.

Selain itu, Anda harus selalu memastikan bahwa posting Anda mematuhi Pedoman komunitas TikTok dan menghindari konten yang tidak pantas.

Dengan memanfaatkan tagar dan tantangan di TikTok, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas, membangun kesadaran merek, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda.

7. Bermitra dengan influencer dan kreator untuk Jualan di TikTok

Bermitra dengan influencer dan kreator di TikTok dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk memasarkan produk Anda. Influencer dan kreator sering memiliki banyak pengikut di platform dan konten mereka sangat menarik dan menyenangkan bagi audiens mereka.

Dengan bermitra dengan influencer dan kreator yang tepat, Anda dapat memanfaatkan audiens mereka dan mempromosikan produk Anda ke khalayak yang lebih luas.

Saat mencari influencer dan kreator untuk bermitra, penting untuk mempertimbangkan niche, gaya, dan audiens mereka. Anda ingin bekerja sama dengan influencer dan kreator yang kontennya selaras dengan merek dan produk Anda.

Misalnya, jika Anda mempromosikan produk kecantikan, Anda mungkin ingin menjangkau influencer kecantikan yang memiliki pengikut yang tertarik pada tren perawatan kulit, makeup, dan kecantikan.

Penting juga untuk mempertimbangkan tingkat keterlibatan influencer dan keasliannya. Anda ingin bekerja dengan influencer yang memiliki tingkat keterlibatan tinggi dan kontennya terasa otentik.

Ini akan membantu memastikan bahwa produk Anda dipromosikan dengan cara yang beresonansi dengan audiens mereka dan tidak merasa dipaksa atau dijual-y.

Saat bermitra dengan influencer dan kreator, penting untuk menetapkan ekspektasi dan pedoman yang jelas. Ini termasuk menguraikan jenis konten yang Anda ingin mereka buat, pesan dan nada yang Anda ingin mereka gunakan, dan hashtag atau ajakan bertindak tertentu yang ingin Anda sertakan.

Secara keseluruhan, bermitra dengan influencer dan kreator di TikTok dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk memasarkan produk Anda dan menjangkau khalayak yang lebih luas di platform.

Dengan memilih influencer yang tepat dan menetapkan harapan yang jelas, Anda dapat membuat konten yang menarik dan efektif yang membantu mendorong penjualan dan membangun kesadaran merek.

8. Menjalankan iklan TikTok untuk menjangkau khalayak yang lebih luas

Iklan TikTok adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan memperluas visibilitas merek Anda di platform. Iklan ini dapat ditargetkan ke audiens tertentu berdasarkan demografi, minat, dan perilaku, memungkinkan Anda menjangkau calon pelanggan yang mungkin tidak menemukan merek Anda sebaliknya.

Ada beberapa jenis iklan TikTok yang dapat Anda jalankan, termasuk iklan in-feed, iklan pengambilalihan merek, dan tantangan hashtag sponsor.

Iklan in-feed muncul di feed pengguna dan dapat menyertakan video atau gambar, sementara iklan pengambilalihan merek mengambil alih seluruh layar saat pengguna membuka aplikasi.

Tantangan hashtag yang disponsori mendorong pengguna untuk membuat konten menggunakan hashtag tertentu dan dapat menjadi cara yang bagus untuk membangun kesadaran dan keterlibatan merek.

Untuk memulai iklan TikTok, Anda harus membuat akun di TikTok Ads Manager platform. Dari sana, Anda dapat memilih jenis iklan yang ingin dijalankan dan menetapkan opsi penargetan. Anda juga harus menetapkan anggaran untuk kampanye iklan Anda dan memilih durasi kampanye Anda.

Satu hal penting yang perlu diingat saat menjalankan iklan TikTok adalah memastikan konten Anda menarik dan relevan dengan audiens target Anda. Pengguna TikTok mencari konten yang menyenangkan dan kreatif, jadi pastikan iklan Anda cocok dengan estetika dan nada keseluruhan platform.

Dengan menjalankan iklan TikTok, Anda dapat meningkatkan jangkauan merek Anda dan terhubung dengan audiens calon pelanggan yang lebih luas

.

9. Terlibat dengan pengikut Anda dan membangun komunitas

Salah satu aspek paling kuat dari TikTok adalah kemampuannya untuk membangun komunitas di sekitar merek atau produk Anda.

Terlibat dengan pengikut Anda adalah bagian penting dalam membangun komunitas ini. Ketika seseorang mengomentari salah satu video Anda atau mengirimi Anda pesan langsung, penting untuk merespons secara tepat waktu dan ramah. Ini akan menunjukkan bahwa Anda menghargai masukan mereka dan bahwa Anda tertarik pada apa yang mereka katakan.

Anda juga dapat mendorong pengikut Anda untuk terlibat dengan konten Anda dengan mengajukan pertanyaan, menjalankan jajak pendapat atau tantangan, atau hanya dengan menanggapi komentar dan pesan mereka.

Ini akan membantu membangun rasa komunitas di sekitar merek atau produk Anda, yang bisa sangat kuat dalam hal mendorong penjualan dan membangun loyalitas merek.

Cara lain untuk terlibat dengan pengikut Anda adalah berkolaborasi dengan pengguna atau merek TikTok lainnya. Ini dapat membantu membangun audiens Anda dan memperkenalkan produk Anda kepada orang baru.

Anda juga dapat membuat konten buatan pengguna dengan mendorong pengikut Anda untuk membuat video yang menampilkan produk Anda.

Ini tidak hanya membantu membangun keterlibatan tetapi juga memberi Anda bukti sosial berharga yang dapat Anda gunakan dalam kampanye pemasaran Anda

.

10. Melacak dan menganalisis kinerja pemasaran TikTok

Setelah Anda menerapkan berbagai teknik pemasaran di TikTok, penting untuk melacak dan menganalisis kinerja Anda di platform. Ini akan membantu Anda memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat membuat perubahan dan perbaikan yang diperlukan.

TikTok menawarkan berbagai alat dan fitur analitis bagi bisnis untuk melacak kinerja mereka di platform. Anda dapat mengakses analitik ini dengan beralih ke akun TikTok Pro.

Dengan analisis TikTok, Anda dapat melacak metrik berikut:
– Tayangan: Berapa kali konten Anda ditampilkan kepada pengguna.
– Tampilan: Berapa kali konten Anda dilihat oleh pengguna.
– Keterlibatan: Jumlah suka, berbagi, komentar, dan mengikuti yang Anda terima.
– Demografi audiens: Usia, jenis kelamin, dan lokasi audiens Anda.

Anda dapat menggunakan data ini untuk menentukan video mana yang berkinerja terbaik dan jenis konten apa yang sesuai dengan audiens Anda.

Misalnya, jika Anda melihat bahwa video dan Anda menerima keterlibatan paling banyak, Anda dapat membuat lebih banyak video tari untuk membuat penonton tetap terlibat.

Selain TikTok analytics, Anda juga dapat menggunakan alat analisis pihak ketiga untuk melacak kinerja Anda di platform. Alat ini memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang kinerja TikTok Anda, seperti tingkat keterlibatan dan pertumbuhan pengikut.

Dengan melacak dan menganalisis kinerja Anda di TikTok, Anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran Anda dan memastikan bahwa Anda menjangkau audiens target Anda secara efektif

.

Kami harap Anda menemukan posting blog kami di 10 teknik penjualan panas teratas untuk memasarkan produk Anda Tiktok bermanfaat dan informatif. Dengan Tiktok menjadi platform media sosial yang semakin populer, penting untuk memahami cara memasarkan produk Anda secara efektif untuk menjangkau audiens target Anda. Dengan mengikuti tips yang telah kami uraikan dalam posting ini, Anda akan dapat membuat konten menarik yang beresonansi dengan audiens Anda dan mendorong penjualan untuk bisnis Anda. Jadi, lanjutkan dan praktikkan tips ini, dan saksikan kehadiran dan penjualan Tiktok Anda tumbuh!


Baca juga :

10 Tips Pemasaran Instagram