February 25, 2024
kamera cctv bardi tokopedia

Entah seperti apa model kongsinya antara Bardi dan Tokopedia, yang jelas untuk jenis kamera CCTV yang satu ini adalah hasil kongsi mereka berdua.

Saya mencoba membelinya pada tanggal 11 Februari 2022 yang lalu.Bentuknya seperti ini :

kamera cctv bardi tokopedia

Lumayan cakep modelnya.

Kamera CCTV hasil kolaborasi Bardi dan Tokopedia ini ternyata memiliki fitur yang cukup lengkap dan sampai detik ini saat artikel saya tulis, hanya saya temukan 1 kelemahan saja.

Apa saja itu ? Simak yuk !!

Saya mencoba sharing.Jadi namanya sharing tentu adalah hasil dari pengalaman pakai.
Bukan dari Manual instruction bawaan CCTV Bardi tersebut.Sehingga apa yang saya sampaikan disini tentu akan berbeda, apalagi Langkah-langkah instalasi yang diberikan di manual instruction berbeda dengan tampilan Aplikasi Bardi.Mungkin aplikasinya update terus, sementara manual instructionnya cetakan lama.
Jadi isi artikel ini tentu tidak sama dengan Petunjuk di Instruksi Manual bawaan Bardi.

Ini menjadi kesulitan saya ketika kamera CCTV Bardi baru saja tiba dari pengiriman dan baru saya buka dari kotaknya.

Saya mencoba mengikuti manual instruction yang dibawakan dalam kardus dan proses instalasi gagal terus.
Akhirnya saya membuka youtube dan mencari video dari youtube.

Saya ikuti panduan yang dari youtube baru berhsil.Ternyata sangat mudah dan simpel.Tidak sepanjang yang diinformasikan di manual instruction.

APA SAJA YANG INCLUDE DALAM PAKET CCTV BARDI KONGSI DENGAN TOKOPEDIA ?

Isi paketnya tentu Kamera CCTV itu sendiri.Lalu ada Charger dan Kabel Charger dengan panjang sekitar 1 meter.Dan 1 manual instruction.

APA SAJA FITUR KAMERA CCTV BARDI HASIL KOLABORASI DENGAN TOKOPEDIA INI ?

  1. Yang bulat hitam seperti pada gambar diatas, yaitu bagian kamera CCTVnya, bisa diputar 360 derajat.Ini memudahkan saat kita memasang pada dinding.Dalam posisi seperti apapun bisa dipasang, kemudian untuk memindah posisi tangkapan layar, kita tinggal memutar Kamera CCTVnya.
  2. Ada 2 tempat gantungan paku/baut di bagian bawah.
  3. Kaki Kamera CCTV bisa ditekuk menghadap atas dan bawah.
  4. Memiliki Slot SD Card yang dapat digunakan untuk Memory Card hingga 128 GB.Hanya sharing pengalaman saya, sebaiknya memory card untuk CCTV tidak lebih dari 64 GB.Dari pengalaman sering bermasalah dalam perekaman kalau memoynya terlalu besar.Bahkan saya sendiri saat ini hanya pakai yang 16 GB saja.
  5. Pada posisi gelap, IPcam ini akan otomatis beralih ke mode night vision.Gambar pada saat night vision untuk Kamera CCTV Bardi Kolaborasi Tokopedia ini menurut saya cukup bagus, jernih, dan jelas.

Untuk di Bardi APP-nya, ada banyak fitur tambahan seperti mengaktifkan dan mematikan suara.Kita bisa mendengar suara yang tertangkap oleh kamera CCTV.Kita juga bisa mengirimkan suara ke kamera cctv bardi tersebut.

Masih di Bardi APP, fitur yang tidak kalah menarik adalah Playback.Dimana fitur ini membuat kita bisa melihat kembali rekaman cctv pada waktu-waktu sebelumnya yang masih tersimpan di Memory Card.

Lalu ada Fitur Capture juga.Dimana kita bisa klik untuk mengambil gambar tangkapan kamera CCTV.Gambar ini akan tersimpang di Gallery HP kita.

Fitur lainnya lagi adalah fasilitas penyimpanan berbayar yang diberikan oleh Bardi.Yaitu penyimpanan cloud berbayar yang per bulannya sekitar USD5 s/d USD 20 tergantung berapa kapasitas penyimpanan yang kita inginkan.
Saya tentu tidak menggunakan ini.Karena saya selalu mencari yang gratisan saja.Jadi saya pakai memory card untuk menyimpan Playback dari CCTV Bardi ini.

Ada juga fitur Alarm yang akan memberikan kode suara apabila CCTV menangkap gerakan.Fitur ini jangan diaktifkan apabila kamera cctv dipasang di keramaian; bisa bunyi ratusan kali alarmnya dan mengganggu kita sendiri.

Itulah fitur-fitur bawaan dari Kamera CCTV Bardi hasil kongsi dengan Tokopedia yang sudah saya gunakan.

Gambar tangapan dan kejernihannya cukup bagus.Saya cukup puas dengan kualitas kameranya.Baik pad saat mode terang maupun saat mode night vision.

LALU APA KELEMAHAN DARI KAMERA CCTV BARDI-TOKOPEDIA INI ?

Di awal tulisan saya menyebut ada 1 kelemahan.Apa itu ?
ternyata kamera CCTV ini tidak bisa dihubungkan ke 2 HP atau lebih.
Begitu saya coba hubungkan ke 2 HP, HP saya yang pertama terhubung otomatis ter-Reset.

Jadi hanya bisa terhubung dengan 1 HP saja.

BAGAIMANA CARA INSTALASI KAMERA CCTV BARDI TOKOPEDIA INI ?

Langkap Instalasinya sebetulnya cukup Mudah sekali.Saya sempat kesulitan karena mengikuti langkah demi langkah di Manual Instruction bawaannya

Ternyata cuma 10 Langkah + 1 Tadaaaa begini sudah bisa digunakan :

  1. Instal Aplikasi BARDI di Playstore (saya menggunakan Android.Di IoS juga kelihatannya sama nama aplikasinya)
  2. Mendaftar Akun.Buat yang punya akun Google, tinggal klik ‘daftar pakai google’.Lalu kita akan mendapat kode OTP untuk masuk.Ketikkan kode OTP.
  3. Aktifkan Wifi dan hubungkan HP dengan Wifi.Nantinya Kamera CCTV kita akan menggunakan jaringan Wifi tersebut.
    Tujuan pengaktifan Wifi ini adalah untuk direkam IPnya oleh Kamera CCTV.Jadi nanti setelah terhubung, Wifi bisa dimatikan, dan kita bisa melihat CCTV ketika HP terhubung dari jaringan internet mana saja, tidak harus di jaringan wifi yang sama.
  4. Masuk ke Layar Utama, Klik tombol Tanda Tambah yang ada di pojok kanan atas, atau Klik “Tambahkan Perangkat”.
  5. Pilih Security
  6. Pilih “IP Camera Indoor Static”
  7. Reset Perangkat CCTV.Caranya dengan Tekan dan Tahan sekitar 5 detik Tombol RESET yang ada di bagian belakang Kamera CCTV.Sampai terdengan bunyi “dung dung dung”.
  8. Kembali ke Aplikasi.Centang ‘next step’.Lalu Tekan tombol ‘Berikutnya’
  9. Akan Tampil Barcode.Scan Barcode tersebut dengan cara dihadapkan pada Kamera CCTV dalam jarak 15-20 cm.
  10. Tunggu sampai Proses selesai.
  11. Tadaaaa ……… CCTV sudah terhubung dengan HP.

CONTOH HASIL TANGKAPAN LAYAR KAMERA CCTV BARDI TOKOPEDIA INI DI SIANG DAN MALAM HARI

TANGKAPAN LAYAR KAMERA CCTV BARDI TOKOPEDIA
siang hari
TANGKAPAN LAYAR KAMERA CCTV BARDI TOKOPEDIA
malam hari

Bagi yang mau membeli Kamera CCTV Kolaborasi antara Bardi dan Tokopedia ini, dengan harga di angka 200 ribuan dan fitur yang cukup memuaskan.Serta instalasi yang cukup mudah .Kamera CCTV ini tentu layak untuk dimiliki.

Semoga Bemanfaat !!