January 30, 2023
menulis deskripsi produk untuk bisnis online dan marketplace

Sedang merencanakan membuat desain promosi ?

Siapa saja yang saat ini sedang merencanakan membuat desain promosi, baik untuk dicetak maupun untuk keperluan media sosial, kami membagikan 8 Tips dalam Menulis Deskripsi Produk.

Apa saja itu ?

DESKRIPSI PRODUK MESTI JELAS DAN LENGKAP

Ya betul, ini adalah tips pertama dan yang paling penting.Jangan membuat timbulnya banyak tanda tanya yang tidak perlu bagi pembaca.Kita tidak sedang mein tebak-tebakan.

MINIMALISIR KESALAHAN

Manusia itu gudangnya salah dan khilaf.Setuju.
Tapi dalam penulisan deskripsi produk, manusia dituntut sempur, tidak boleh khilaf dan salah.Perbaiki setiap kesalahan dengan membaca ulang sebelum naik cetak atau diposting.
Kesalahan dapat mengakibatkan calon pembeli takut dan bahkan tidak jadi membeli.

PAKAI BAHASA YANG LAZIM

Tidak perlu menggunakan bahasa yang alay atau aneh di telinga.Gunakan yang mudah dipahami dan dimengerti.Kita harus menyadari bahwa calon pembeli yang mmebaca deskripsi produk bukan orang yang belajar tentang produk kita.Mereka awam dan sebelumnya tidak paham.
Bahasa yangs ederhana dan mudah dimengerti akan membantu mereka memahami apa yang kita tawarkan.

JELASKAN MANFAAT PRODUK

Jangan lupa memberikan penjelasan tentang manfaat produk kita.Apa saja yang akan diperoleh oleh calon pembeli ketika nantinya menggunakan produk kita.
Fokuslah pada manfaat yang diperoleh.Jangan terlalu fokus pada penjelasan fitur.

KEJUJURAN ITU PENTING

Jujurlah dalam menulis deskripsi produk.Kita bisa saja memberikan deskripsi yang memancing agar pembeli tertarik.Namun apabila tidak jujur dan dibuat-buat, naninya pembeli akan kecewa setelah membeli dan menggunakan produk kita.Mereka tidak akan loyal, bahkan menjadi bad influenzer bagi produk kita.

PAKAI TULISAN YANG MUDAH DIBACA

Jangan gunakan jenis font yang aneh-aneh, meliuk-liuk, terlalu berkreasi namun tidak ada maknanya.Gunakan font sewajarnya.Kecuali memang dengan maksud tertentu font aneh dan unik terpaksa digunakan.
Namun dalam penulisan deskripsi yang sebaiknya diketahui oleh calon pembeli, penggunaan jenis font yang alay dan aneh sebaiknya dihindari.

TESTIMONIAL

Kalau perlu, untuk memperkuat deskripsi produk.Berikan testimonial dari pelanggan yang sudah menggunakan produk anda.

ADA PENAWARAN SPECIAL

Gunakan penawaran spesial.Tambahkan diskon atau penawaran bonus bagi yang membeli produk anda.Dan cantumkan ini di deskripsi.
Ini tentu sangat menarik bagi calon pembeli.

Bagaimana menurut anda ?
Semoga Bermanfaat !!