Membangun Strategi Bermain di Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

strategi media sosial

Media sosial menjadi salah satu sarana pemasaran yang baik, terutama 15 tahun terakhir. Untuk kedepannya media sosial dinilai sebagai pasar yang cukup besar untuk membangun dan mengembangkan merek.

strategi media sosial

Berikut cara yang benar mendapatkan manfaat dari di media sosial dalam tujuan untuk pengembangan bisnis :

  1. Mengerti dan mengukur tujuan anda
  2. Mengenal karakteristik pelanggan anda
  3. Perhatikan dan awasi saingan anda
  4. Pilih media yang tepat
  5. Membangun perencanaan konten

Mengetahui dan Mengukur Tujuan Anda

Anda harus mengetahui tujuan marketing yang anda lakukan di media sosial. Apakah untuk sekedar memberikan informasi atau mengenalkan produk anda saja? Apakah untuk meningkatkan traffic ke website anda? Apakah untuk meningkatkan penjualan? Apakah membangun loyalitas dengan pelanggan anda?
Apapun tujuan anda, itulah yang akan menentukan langkah berikutnya yang akan diambil.

Ada beragam tujuan marketing di media sosial,
Dengan mengetahui tujuan dengan jelas maka anda akan dengan mudah menemukan strategi apa saja yang dapat anda terapkan. Tujuan yang hendak anda capai harus terukur gunanya agar mudah dilakukan analisa terhadap stategi yang anda ambil. Terukur dari segi waktu dan hasilnya, dengan begitu anda akan mengetahui pencapaian dari apa yang sudah anda lakukan.

Mengenal Karakteristik Pelanggan Anda

Setelah mengetahui tujuan anda dengan jelas selanjutnya anda harus mengenal karakter pelanggan/audiens. Semakin spesifik karakter pelanggan anda maka akan semakin baik. Dengan demikian anda bisa menarget orang yang tepat. Buatlah rincian pelanggan anda dari segi kegemaran, usia, ketertarikan bidang tertentu dan lainnya.

Misalnya : wanita usia 18-30 tahun yang menyukai lipstik dan tinggal di Surabaya, atau pria macho usia 20-40 tahun yang rutin meminum suplemen dan hobby olahraga, dst.
Semakin detail semakin baik untuk mengarahkan strategi anda di langkah selanjutnya.

Perhatikan dan Awasi Saingan Anda

Saingan anda adalah mereka yang menjual produk sejenis atau mereka yang menargetkan pelanggan yang sama dengan anda. Dengan adanya saingan, anda menjadi bersemangat mengembangkan strategi-strategi baru, bahkan anda bisa belajar dari kesalahan saingan anda, anda bisa belajar dari kiat-kiat sukses mereka, anda bisa pelajari setiap detail aktivitas media sosial mereka, dll.

Pilih Media Anda

Tidak semua media sosial sesuai untuk bisnis anda. Pilihlah media sosial yang tepat untuk mengembangkan bisnis anda.
Anda juga harus dapat mengidentifikasi apakah media sosial tersebut dapat mencapai target audiens anda.

Fokuslah pada 1 atau maksimal 2 media sosial saja. Lebih dari 2 media sosial membuat anda kewalahan, lain halnya jika brand anda sudah sangat terkenal.

Dari banyak pengalaman, tidak semua brand bisa sukses di semua media sosial.Ada yang sukses di facebook tetapi gagal di twitter, ada yang sukses di instagram tetapi gagal di facebook, dst.

Beberapa pakar media sosial terkemuka pernah bercerita bahwa komunitas menengah keatas banyak yang lebih suka menggunakan instagram daripada facebook.Sehingga apabila produk anda menyasar pelanggan menengah keatas, tentu mesti lebih memaksimalkan penggunaan instagram daripada facebook.

Demikian juga orang-oarng yang suka membaca berita tapi tidak mau bertele-tele lebih menyukai twitter.
Sementara orang-orang yang senang membagikan opini pribadi lebih suka menggunakan facebook.
Akibatnya brand yang menyasar pelanggan dengan kesukaan-kesukaan ternetu seperti itu, sebaiknya menggunakan media sosial yang sesuai.

Membangun Perencana Konten

Dan terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengembangkan rencana konten dengan baik agar dapat menyampaikan materi dengan menarik. Buatlah konten yang menarik dan tidak monoton. Konten bisa berupa video pendek atau ulasan apa saja. Jadi tidak terus-menerus teks dan gambar saja. Terkadang konten anda selingi dengan meme yang lucu juga bagus. Kreatiflah dalam membuat konten dan berikanlah konten yang bernilai bagi audiens anda.

Saat ini sudah tersedia banyak sekali software dan aplikasi produksi konten yang memadai dan bagus-bagus.Bahkan banyak diantaranya yang menyediakan template siap pakai yang tinggal mengganti kata-kata dan gambarnya saja.

Semoga bermanfaat !!

Related posts