Sharing Pengalaman Menggunakan Modem Myorbit Telkomsel

modem myorbit telkomsel

Pengalaman Menggunakan Modem Myorbit Telkomsel

Tanggal 4 Desember 2020 saya memesan modem telkomsel Myorbit STAR2 melalui website myorbit.id setelah berhenti berlangganan dari provider yang lama yang saya anggap tidak stabil dan sering putus nyambung.

Proses pemesanan di website myorbit.id cukup mudah dan tidak ribet.Kita diminta memastikan lokasi kita terjangkau atau tidak oleh jaringan myorbit.

5 hari kemudian, tanggal 9 Desember 2020 akhirnya modem pesanan datang juga.Paket kiriman dibuka dan semua terkondisi dengan baik.Tidak ada permasalahan atau kerusakan fisik apapun.

Posisi ketika diterima nomor sudah terpasang di modem dan bungkus nomor disertakan di dalam satu paket.Sayangnya modem tidak disertai buku manual sama sekali, paling tidak bisa buat baca-baca dan lebih paham dengan alat.

Isi dalam paket terdiri dari 1 buah modem myorbit, nomor telkomsel yang sudah terpasang, adaptor untuk menghubungkan modem ke listrik PLN.Modem menggunakan listrik PLN untuk pengoperasiannya.
Kita tetap bisa memindahkan modem atau membawa bepergian selama ada listrik PLN untuk menghidupkannya.

modem myorbit telkomsel

SAATNYA AKTIVASI MODEM MYORBIT

Setelah paket dibuka dan di cek semua isinya, tibalah saatnya untuk aktivasi.Berhubung saya menggunakan HP Android, maka saya install terlebih dahulu aplikasi myorbit yang ada di Google Playstore.

Kebetulan saya sudah instal sejak awal pembelian, karena saya gunakan untuk cek pengiriman.Jadi ketika membeli modem myorbit, posisi pengiriman bisa di cek melalui aplikasi myorbit.

Di dalam paket disertai petunjuk aktivasi dan diikuti saja langkah demi langkah.
Tanpa mengikuti petunjuk sekalipun, kita sudah dituntun oleh langkah demi langkah yang harus dilakukan oleh aplikasi.Dan setelah apa yang diminta kita lakukan, tinggal klik tombol next dan next lagi sampai selesai.

Sangat mudah, langkahnya jelas.Tidak ribet.Proses aktivasi saya berjalan lancar tanpa kendala apapun.

Hanya ada proses yang harus menunggu selama 5 menit, lalu saya mengganti nama Wifi dan prosesnya juga 5 menit.Maka total proses aktivasi yang saya lakukan hanya memakan waktu 10 menit.

CLINGGG !! SAATNYA MODEM MY ORBIT DIGUNAKAN

Di spesifikasinya tercantum ada 32 device yang bisa menggunakan bersamaan.Saya menggunakannya untuk 4 device bersamaan.Yaitu 2 PC, 1 laptop, dan 1 HP.

Seperti biasa, namanya modem baru dan serba kepo.Saya coba lakukan tes speed ketika hanya digunakan untuk 1 device dan 4 device.

Rata-rata Speed Upload adalah 6-7 Mbps dan Speed Download 3-3,5 Mbps.Yahhh, terkesan agak lambat.Cuma yah modem seharga 700 ribuan sudah dapat segitu ya sudah.Buat yang cari speed mungkin modem ini agak mengecewakan.Namun bagi yang cari stabil, umumnya sudah dikenal lama kalau Telkomsel memang paling stabil dibanding yang lain.

Harga paket dll bisa dicek langsung di website myorbit.id.Saya tidak mengulas lagi tentang hal-hal yang sudah disampaikan di website resminya.Karena tujuannya sharing pengalaman saja.

Hari ini ketika sharing ini saya tulis, sudah 2 hari saya menggunakan dan tidak ada kendala yang mengganggu.Hanya ketidaktahuan saya saja dan akhirnya dibantu melalui Chatting Whatsapp oleh team myorbit.
Nomor Chatting Whatsapp Layanan pelanggan myorbit bisa diakses melalui aplikasi myorbit yang sudah kita install.

Sempat mengalami jaringan putus nyambung di salah satu device yang jaraknya paling jauh dari modem.Sekitar 10 meter.Namun infonya bisa sampai 42 meter.Awalnya bingung koq 10 meter sudah putus nyambung.Padahal tidak halangan apapun diantara modem dan device.Keduanya terhubung dalam ruangan yang bebas hambatan.

Akhirnya saya diminta melakukan reset modem dengan cara :
1. Mematikan modem
2. Mencabut dan memasang kembali Kartu Sim
3. Menghidupkan kembali modem

Ada kalanya memang namanya barang elektronik.Dalam kondisi padat dan jenuh memang minta di refresh kembali.
Saya merasa bahwa modem ini nantinya setelah seminggu atau sebulan penggunaan akan perlu melakukan refresh seperti cara diatas ini lagi.

Satu catatan, ketika dalam proses pembelian modem, jangan sampai ada data terutama alamat pengiriman yang salah atau tidak lengkap.Lebih baik cek dulu sebelum klik langkah selanjutnya.Karena ketika sudah melakukan pembayaran, semua data termasuk alamat kirim tidak bisa dirubah.
Jangan sampai salah input alamat dan nomor HP.
Tips ini hanya untuk pengiriman modem saja.Tidak ada hubungannya dengan aktivasi.Untuk aktivasi modem dan login di aplikasi android myorbit hanya diperlukan alamat email dan password saja.

Saat ini saya sedang membeli lagi untuk kebutuhan di kantor tempat kerja.Ada kekurangan dalam penulisan alamat kirim.Dan ketika saya coba sampaikan team myorbit melalui Chatting Whatsapp, saya diinformasikan bahwa alamat kirim tidak bisa dirubah.Padahal bukan mau merubah, hanya menambahkan kata-kata saja untuk mempermudah kurir menemukan alamat.

Semoga membantu.

Related posts